Sabtu, 11 Juni 2016

Sejarah Singkat Masjid Raya Negara


Masjid Raya Negara didirikan pada tahun 1988 M. Pembangunan masjid ini diperakasai oleh Pengurus Rukun Kifayah Sucihati (RKA Sucihati). Pada tahun 1975 M para pengurus RKA Sucihati mengusulkan untuk dibangunnya tempat ibadah yang memberikan pengetahuan agama maupu umum, menurut RKA Sucihati sejak terjadinya penjajahan olah bangsa barat mengakibatkan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan baik itu ilmu agama maupun ilmu umum. Hal inilah yang mengerakan RKA Sucihati untuk membangun tempat ibadah yang dapat menjadi sarana pendidikan bagi masyarakat kota Negara.
Diadakan rapat yang membahas tentang rencana pembangunan tempat ibadah tersebut. Dalam rapat tersebut ditemui kendala dalam hal biaya pembangunan yang amat besar. Namun, salah seorang anggota RKA Sucihati yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD mengusulkan untuk menggunakan anggaran pengembangan Agama, karena itu beliau menyarankan agar masalah tersebut dimintakan bantuan kepada Pemda. Akhirnya rapat memutuskan agar RKA Sucihati mengadakan pendekatan kepada pemuka agama dan tokoh-tokoh masyarakat dengan maksud untuk menghimpun pendapat umum sekitar keinginan dari Warga Sucihati. Oleh karena itu RKA Sucihati dianggap sebagai pelopor dari Pembangunan Masjid yang bertaraf Kabupaten.
Tanggal 6 Januari 1975 Pemeritah Daerah, Muspida dan Ketua DPRD mendukung usaha pembangunan tempat ibadah tersebut dan terbentuklah Panitia dengan nama “ Panitia Pembangunan Masjid Raya di Negara “ yang kemudian oleh Sidang Pleno I Panitia yang diadakan pada tanggal 13 Januari 1975 diubah menjadi : Panitia Pembangunan Masjid Raya / Islamic Centre Kabupaten Dati II Jembrana “. Pada tanggal 10 Mei 1994 diresmikannya Masjid Raya Negara oleh ketua YAYASAN AMALBAKTI MUSLIM PANCASILA yaitu bapak Soeharto.
Sejak berdirinya Masjid Raya Negara dapat dideskripsikan Ketua Masjid Raya Negara sebagai berikut :
1. S. Yasin Alqaderi Periode : 1988 s/d 2004
2. H. Didi Hadi Periode : 2004 s/d 2010
3. Drs. H. Supriadi, M.Pd.I Periode : 2010 s/d 2013
4. H. Didi Hadi Periode : 2013 s/d 2015 ( Sekarang )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar